Mengenal CSS

 PENGERTIAN CSS


CSS adalah bahasa yang berisi perintah-perintah digunakan untuk menjelaskan tampilan halaman website di dalam bahasa markup (HTML), kepanjangan dari css adalah Cascading Style Sheets.
Sebagai mana yang telah di jelaskan dalam artikel saya sebelumnya tentang pengertian HTML, dimana CSS diibaratkan sebagai sebuah baju yang menjadi style untuk html itu sendiri.
Hubungan antara CSS dan HTML merupakan hubungan yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah web. Bagi kalian yang ingin belajar CSS tentunya tahapan yang harus kalian pelajari pertama adalah HTML setelah kalian sudah paham dengan html kalia bisa belajar CSS dengan mudah.


SEJARAH CSS


Awal muncul CSS (Cascading Style Sheet) setelah munculnya SGML (Standard Generalized Markup Language) pada tahun1970an, dan menjadi sebuah teknologi internet yang diresmikan oleh  W3C (world wide web consortium) pada tahun 1996.
Format dasar dari CSS yang biasa digunakan oleh orang-orang merupakan ide dari Hakon Wium Lie dalam proposalnya yang berjudul Cascading HTML Style Sheet ( CHSS) pada tahu 1995 pada konferensi W3C (world wide web consortium) di Chicago, Illinois.
Setelah itu Lie mengembangkan standar dari CSS dengan temannya yang bernama Bert Bos.
Setelah diresmikan oleh W3C tahun 1996, di akhir tahun itu CSS level 1 resmi dipublikasikan pada bulan Desember. Proyek CSS level 1 ini juga didukung oleh programmer perusahaan ternama yaitu Microsoft yang bernama Thomas Reardon.
Dalam penetapan CSS level 1 yaitu bertujuan untuk mengurangi tag-tag baru pada Netscape dan Internet explorer, dimana keduanya bersaing mengembangkan tag-tag mereka sendiri untuk tampilan web.
CSS level satu mendukung pengaturan seperti: Font, Warna, Text, Background dan elemen-elemen lainnya, Text atribut (seperti:spasi antar baris, kata dan huruf), posisi text, gambar, table, margin, border, dan padding.
Setelah itu standar CSS mengalami penyempurnaan-penyempurnaan dan terus dikembangkan hingga versi terbaru:
1. CSS level 2, disempurnakan oleh W3C pada tahun 1998, dimana terjadi perubahan pada format dokumen yang bisa ditampilkan di printer.
2. CSS level 3, pada level ini terjadi perkembangan dimana bisa menampilkan animasi warna dan 3D pada halaman website, dan fitur lain seperti: multiple background, drop-shadow, border-image, border-radius, CSS Object Model dan CSS-Math, untuk saat ini CSS level 3 menjadi yang terbaru.


FUNGSI CSS


seperti yang telah disinggung di atas yaitu tentang hubungan antara html dan css bagaikan tubuh dan pakaiannya. Fungsi dari CSS sama halnya seperti fungsi pakaian yang dikenakan tubuh.
Fungsi utama dari CSS adalah untuk mendesain, memodifikasi, membentuk serta mengubah tampilan halaman dalam sebuah website.
CSS bekerja didalam tag-tag <html> yang memberikan kesederhanaan tag html sehingga tampilan halaman website menarik dan efisien.


Sekian Dulu Semoga Bermanfaat

Komentar